Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Tuesday, 10 November 2015

Tindakan Intubasi / Pemasangan ETT (Endo Tracheal Tube)

Sumber gambar proses intubasi: kalbemed.com
Intubasi merupakan suatu tindakan medis yang pelaksanaannya harus dengan cara cepat dan tepat agar jalan nafas pasien segera bebas dan agar pasien segera bisa mendapatkan oksigen yang adekuat. Intubasi yaitu pemasangan ETT (Endo Tracheal Tube) pada jalan nafas pasien yang bertujuan untuk memberikan kepatenan jalan nafas pada pasien dengan indikasi gagal nafas. Intubasi dilakukan oleh dokter spesialis anestesi atau dokter umum yang telah memiliki sertifikasi atau wewenang dan ketrampilan melakukan intubasi dan didampingi oleh perawat ahli. Tindakan intubasi atau pemasangan ETT juga harus dilakukan dengan berdasar pada SOP atau Protap Tindakan Intubasi atau Pemasangan ETT yang berlaku pada instansi tempat anda bekerja.

Dikarenakan proses pelaksanaannya yang harus tepat dan cepat maka disamping dilakukan oleh tenaga yang  ahli dan profesional juga peralatan yang disiapkan harus lengkap dan tepat.

Adapun peralatan yang dibutuhkan untuk persiapan intubasi adalah sebagai berikut:
  1. Stetoscope
  2. Laringoscope dewassa dan anak
  3. ETT (Endo Tracheal Tube) dengan satu nomor diatas dan dibawah yang sesuai perkiraan jari kelingking pasien yang akian dilakukan intubasi (jadi ada 3 buah ETT yang disiapkan)
  4. Mayo / Guedel / OPA
  5. Ambubag anak dan dewasa
  6. Tabung oksigen atau oksigen sentral
  7. Plester / hypafix
  8. Gunting
  9. Mandrain
  10. Boogie
  11. Oksigen Konektor (selang oksigen)
  12. Suction Catether
  13. Konektor selang kateter
  14. Spuit 3cc, 5cc, 10cc @2 buah
  15. Xylocain baik jelly dan spray
  16. Sarung tangan steril
  17. Sarung tangan bersih
  18. Masker
  19. Obat-obatan

Sumber gambar persiapan alat intubasi: pinterest.com


Bagi teman-teman yang bekerja di rumah sakit mungkin sudah terbiasa dengan cara persiapan asistensi intubasi dengan benar. Teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi dan sering mendengar dengan istilah "STATICS" ditambah "O" yaitu istilah yang sering digunakan oleh para dokter dan perawat dalam menyiapkan persiapan alat untuk intubasi.
S : Scope (Stetoscope, laringoscope)
T : Tube (ETT)
A : Airway (Mayo, ambubag)
T : Tape (Plaster/hypafix, gunting)
I : Introducer ( Mandrain, boogie)
C : Conector (Oksigen konektor)
S : Suction (Selang dan konector suction)
O : Other (Spuit, xyilocain, sarung tangan, masker, obat-obatan)

Itulah sedikiit yang bisa penulis bagikan untuk para pembaca tentang daftar alat yang perlu dipersiapkan untuk tinfakan intubasi.
Semoga bermanfaat..

Tindakan Intubasi / Pemasangan ETT (Endo Tracheal Tube) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment