Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Monday, 2 November 2015

PENGKAJIAN NYERI DENGAN METODE PQRST


Cara pengkajian nyeri dapat dilakukan dengan metode apapun, seperti metode skala dan salah satunya adalah metode PQRST. Akronim PQRST ini digunakan untuk mengkaji keluhan nyeri pada pasien yang meliputi :
·      Provokes/palliates : apa yang menyebabkan nyeri? Apa yang membuat nyerinya lebih baik? apa yang menyebabkan nyerinya lebih buruk? apa yang anda lakukan saat nyeri? apakah rasa nyeri itu membuat anda terbangun saat tidur?
·      Quality : bisakah anda menggambarkan rasa nyerinya?apakah seperti diiris, tajam, ditekan, ditusuk tusuk, rasa terbakar, kram, kolik, diremas? (biarkan pasien mengatakan dengan kata-katanya sendiri.
·      Radiates: apakah nyerinya menyebar? Menyebar kemana? Apakah nyeri terlokalisasi di satu titik atau bergerak?
·      Severity : seberapa parah nyerinya?  Dari rentang skala 0-10 dengan 0 tidak ada nyeri dan 10 adalah nyeri hebat
·      Time : kapan nyeri itu timbul?, apakah onsetnya cepat atau lambat? Berapa lama nyeri itu timbul? Apakah terus menerus atau hilang timbul?apakah pernah merasakan nyeri ini sebelumnya? Apakah nyerinya sama dengan nyeri sebelumnya atau berbeda?

PENGKAJIAN NYERI DENGAN METODE PQRST Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment