Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Friday, 6 November 2015

CARA & KOMPONEN PENGKAJIAN GADAR ABCDE


Beberapa komponen yang perlu untuk dilakukan pengkajian yang lengkap dan yang penting untuk melengkapi primary survey  pada pasien di gawat darurat adalah :
Komponen
Pertimbangan
Airway

Pastikan bahwa peralatan airway : Oro Pharyngeal Airway, Laryngeal Mask Airway , maupun Endotracheal Tube (salah satu dari peralatan airway) tetap efektif untuk menjamin kelancaran jalan napas. Pertimbangkan penggunaaan peralatan dengan manfaat yang optimal dengan risiko yang minimal.

Breathing

Pastikan oksigenasi sesuai dengan kebutuhan pasien :
·         Pemeriksaan definitive rongga dada dengan rontgen foto thoraks, untuk meyakinkan ada tidaknya masalah seperti Tension pneumothoraks, hematotoraks atau trauma thoraks yang lain yang bisa mengakibatkan oksigenasi tidak adekuat
·         Penggunaan ventilator mekanik
Circulation
Pastikan bahwa dukungan sirkulasi menjamin perfusi jaringan khususnya organ vital tetap terjaga, hemodinamik tetap termonitor serta menjamin tidak terjadi over hidrasi pada saat penanganan resusitasicairan.
·         Pemasangan cateter vena central
·         Pemeriksaan analisa gas darah
·         Balance cairan
·         Pemasangan kateter urin

Disability
Setelah pemeriksaan GCS pada primary survey, perlu didukung dengan :
·         Pemeriksaan spesifik neurologic yang lain seperti reflex patologis, deficit neurologi, pemeriksaan persepsi sensori dan pemeriksaan yang lainnya.
·         CT scan kepala, atau MRI

Exposure

Konfirmasi hasil data primary survey dengan
·         Rontgen foto pada daerah yang mungkin dicurigai trauma atau fraktur
·         USG abdomen atau pelvis

CARA & KOMPONEN PENGKAJIAN GADAR ABCDE Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment