Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Friday, 27 November 2015

Perbedaan Antara Bidan Klinik dan Bidan Pendidik


Banyak sekali ditemukan pertanyaan-pertanyaan pada sebuah forum atau diskusi yang membahas tentang “lebih baik bidan pendidik atau bidan klinik?”. Suatu pilihan pada saat sekarang tentunya akan menjadi dampak pada waktu yang akan datang, entah itu dampak yang positif atau dampak yang negative. Dampak positif itu apabila pilihan anda sejalan dengan apa yang anda harapkan, sesuatu yang anda kerjakan selalu berjalan mulus. Sedangkan dampak negatife apabila apa yang anda harapkan atau pilih dari awal tidak sesuai dengan apa yang terjadi atau yang anda kerjakan saat itu sungguh jauh dari harapan.

Pilihan itu terutama adalah pilihan tentang masa depan untuk karir dan pekerjaan anda. Alloh swt memang sudah menentukan jalan takdir setiap hambanya, namun apabila takdir itu tidak kita jemput dengan hati yang lapang dan penuh semangat maka hasilnya tentunya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Menjadi tenaga kesehatan khususnya bidan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Banyak para bidan yang baru lulus beralih profesi dari yang seharusnya menjadi pelayan masyarakat (bidan klinik) beralih menjadi dosen (bidan pendidik).

Ada beberapa hal yang bisa menjadi panduan dan pertimbangan bagi anda untuk mengambil keputusan untuk memilih bidan klinik atau bidan pendidik dilihat dari berbagai segi dalam kehidupan nyata sehari - hari.

Bidan klinik
  1. Apabila anda memilih bidan klinik anda tidak perlu kuliah lagi, anda tinggal membuat STR atau SIB yang merupakan syarat wajib bagi seorang bidan klinik.
  2. Lahan atau lapangan kerja untuk bidan klinik sangat terbuka lebar, selain rumah sakit masih sangat banyak lowongan kerja untuk bidan klinik diantaranya: puskesmas, yayasan/panti, bidan PTT, klinik, bidan praktek swasta (BPS), kantor atau perusahaan yang membutuhkan pelayanan bidan, homecare, home visite, praktek dokter, apotek, rumah bersalin, pabrik farmasi, dan lain sebagainya. Selain itu apabila anda bekerja disebuah rumah sakit terkadang juga diminta sebagai CI (clinical instruktur) bidan pendidik bagi mahasiswa yang sedang praktek di rumah sakit anda.
  3. Untuk masalah gaji tentunya bidan klinik mempunyai kesempatan memperoleh gaji yang lebih besar dari pada bidan pendidik. Sebagai misal anda bekerja disebuah klinik, sepulang dari klinik anda buka praktek dirumah, disamping itu anda juga melakukan home visit maka sudah dipastikan pendapatan anda bisa dikatakan lebih dari cukup.
  4. Kesempatan atau peluang dimasa depan. Baik bidan klinik maupun bidan pendidik hamper tidak ada perbedaan dikarenakan jika anda sudah menggapai masa tua tentunya sudah mempunyai tabungan masing-masing. Hanya saja bagi bidan klinik biasanya sampai tua anda tetap bisa melakukan praktek mandiri di rumah.
  5. Mengenai waktu, tentunya bidan klinik akan mempunyai waktulebih sedikit untuk istirahat, itu dikarenakan waktu bekerja anda ditentukan ddengan system shift, meski banyak pula yang office hour. Bagi anda bidan praktek mandiri maka bersiap-siaplah jika setiap saat anda akan dipanggil dan dikunjungi oleh pasien anda yang hendak melahirkan.


Bidan pendidik
  1. Ketika anda memilih bidan pendidik maka anda tidak perlu membuat STR atau SIB, namun anda wajib melanjutkan kuliah lagi minimal D4 dan S2.
  2. Lahan pekerjaan anda nantinya adalah sekolah-sekolah kesehatan, perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, kementerian kesehatan, kantor asuransi swasta maupun BPJS, bidan coordinator daerah dan dinas kesehatan kabupaten. Selain itu anda juga bisa mendaftar di perusahan-perusahaan atau bank swasta yang membuka kesempatan lowongan untuk segala jurusan. Agak sedikit memang dibandingkan dengan lapangan kerja bidan klinik, akan tetapi peminatnya sedikit, sehingga kesempatan untuk mengisi lowongan kerja bidan pendidik masih besar.
  3. Berbeda dengan bidan klinik, masalah gaji atau pendapatan bidan pendidik agaknya tidak sebanyak bidan klinik, sebabnya adalah bidan pendidik tidak bisa melakukan kegiatan yang dilakukan bidan klinik, seperti home visite dan  buka praktek mandiri.
  4. Bagi bidan pendidik ketika sudah menuju masa tua atau pensiun biasanya tinggal focus pada rumah tangga, akan tetapi jika anda mau melanjutkan kuliah maka anda bisa menambah waktu atau masa pensiun.
  5. Bagi bidan pendidik waktu anda akan lebih diuntungkan sebab pekerjaan anda lebih banyak dengan system office hour yang rutin.

Begitulah sedikit tentang gambaran pekerjaan dan masa depan anda jika anda memilih pekerjaan sebagai bidan klinik atau bidan pendidik. Semoga uraian sedikit diatas dapat membantu anda dalam memilih dan memantapkan hati untuk pekerjaan anda kedepannya. Pada prinsipnya semua itu tergantung pada diri dan minat anda masing-masing, apabila anda senang terrhadap suatu pekerjaan maka tentunya anda akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan tersebut. Berusahalah semaksimal mungkin, lalu seranhkanlah pada Alloh untuk hasil akhirnya. Semoga kebaikan selalu bersama kita. 

Perbedaan Antara Bidan Klinik dan Bidan Pendidik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment