Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Saturday, 21 November 2015

Perbedaan Antara Kista dan Tumor dan Kanker


Kista

Kista adalah rongga patologis (harusnya normalnya tidak ada) yang biasanya berdinding jaringan ikat dan berisi cairan kental atau semi likuid Kista dapat berada dalam jaringan lunak ataupun keras seperti tulang. Rongga kista atau benjolan pasti selalu dibatasi epitel. Didalam rongga tersebut biasanya berisi dengan jaringan rambut atau gigi. Kista umumnya terjadi pada ovarium pada wanita.
Contoh Gambar Kista

Kista ovarium adalah kista yang tumbuh di ovarrium yang terbentuknya bisa karena bermacam sebab. Penyebab inilah nantinya yang akan menentukan tipe dari kista. Diantara beberapa kista ovarium ,tipe folikuler merupakan tipe kista yang paling banyak ditemukan.Cairan yang mengisi kista sebagian besar berupa darah yang keluar akibat perlukaan yang terjadi pada pembuluh darah kecil ovarium. Pada beberapa kasus, kista dapat pula diisi oleh jaringan abnormal tubuh seperti rambut dan gigi.

Tumor
Tumor adalah benjolan atau pembengkakan, jadi setiap benjolan yang abnormal pada tubuh kita bisa disebut tumor, tanpa membedakan apakah jinak atau ganas. Tetapi secara awam, tumor berarti pertumbuhan sel-sel yang bersifat jinak. Tumor tidak menyebar, tumor bertumbuh di satu tempat dan terus membesar. 
Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Kanker = tumor yang ganas.
Contoh Gambar Tumor
Tindakan yang tepat untuk tumor adalah dengan mengangkat segera tumor tersebut. Deteksi sejak dini tentang adanya tumor merupakan langkah yang tepat unntuk agar tumor tidak semakin membesar dan menimbulkan kerusakan pada organ penting kita.

Kanker
Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut disebabkan kerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Beberapa buah mutasi mungkin dibutuhkan untuk mengubah sel normal menjadi sel kanker. Mutasi-mutasi tersebut sering diakibatkan agen kimia maupun fisik yang disebut karsinogen. Mutasi dapat terjadi secara spontan (diperoleh) ataupun diwariskan (mutasi germline).
Contoh Gambar Kanker
Jadi kanker berarti pertumbuhan abnormal sel-sel yang bersifat ganas, invasif, merusak jaringan sekitar, menyebar dan tumbuh dengan cepat.


Nah, hal yang paling membedakan antara tumor dengan kanker adalah batasnya. Tumor mempunyai batas yang jelas dengan jaringan yang sehat, sedangkan kanker jaringannya menyatu dengan jaringan sehar manusia. sehingga sebagai contoh apabila orang menderita kanker otak maka hampir seluruh dari bagian otak yang terkena kanker itu diambil, sedangkan pada penderita tumor otak maka hanya tumornya yang diambil, sedangkan jaringan otaknya tetap utuh. Terkadang untuk pasien yang dengan kanker otak penanganannya bukan dengan operasi melainkan kemoterapi. Sebab jika harus dioperasi maka hampir semua bagian yang terkena kanker harus diangkat, sebab pertumbuhan kanker menyatu dengan organ manusia.

Kemudian selain batas yang jelas, pertumbuhan tumor relatif lebih lambat dibandingkan dengan kanker. Kanker itu mudah sekali bermetastase sedangkan tumor agak susah. Jika dioperasi, tumor bisa diangkat jaringan tumornya saja. Akan tetapi jika kanker maka harus diangkat seluruh jaringan sehat disekitarrnya, sebab disitulan potensi akar kanker masih menyebar.

Perbedaan Antara Kista dan Tumor dan Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

1 comments:

  1. wah keren artikelnya.. terima kasih infonya.. sangat bermanfaat..

    ReplyDelete