Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Thursday 8 September 2022

Rumus Koreksi Hipokalemi

KOREKSI HIPOKALEMI
NILAI KALIUM NORMAL = 4,5 Meq/dl
Rumus / cara mengKoreksi Hipokalemi


Hipokalemia adalah kondisi dimana kadar kalium dalam darah  tubuh lebih rendah dari nilai normalnya, yaitu di bawah 4,5 mEq/L. Bahkan, jika kadar kalium berada di bawah angka 2,5 mEq/L, akibatnya bisa fatal. Sehingga jika tubuh terjadi kondisi hipokalemia makia harus segera dikoreksi/diobati.

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Salah satu cairan pada tubuh yang penting adalah elektrolit kalium atau potasium. Hampir semua kalium (98%) terdapat dalam sel tubuh. Sisanya berada pada serum atau peredaran darah.

Kalium membantu membawa sinyal listrik untuk sel tubuh termasuk sel otot dan saraf. Sehingga fungsi kalium menjadi sangat penting, seperti kontraksi otot termasuk otot jantung dan regulasi tekanan darah.

Berikut ini cara atau rumus untuk koreksi hipokalemia secara cepat dan tepat menurut berbagai sumber:


RUMUS :
NILAI KALIUM NORMAL – NILAI KALIUM PASIEN X kgBB
                                3



CONTOH :
Nilai Kalium pasien = 2,5 Meq/dl bb pasien 50 kg
Jawab : 4,5 – 2,5 x 50 = 33,3 Meq KCL
                       3
Artinya : pasien diberi Kalium ( Pottasium ) sebanyak 33,3 Meq diberikan dengan drip selama 2-4 jam dalam 100-250 Nacl 0,9 % atau D5%W. periksa ulang Elektrolit setelah 1-2 Jam pemberian.


Rumus Koreksi Hipokalemi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Warsono

0 comments:

Post a Comment