Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Monday, 28 December 2015

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

DAFTAR RUMAH SAKIT DI BANYUMAS JAWA TENGAH

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

Alamat dan Lokasi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
Jalan Doktor Gumbreg No. 1, Purwokerto, Kec. Banyumas, 
Banyumas, Jawa Tengah 
Kode Pos: 53146
Telepon: 0281 632708
Email:  rsmargono@jatengprov.go.id






Latar Belakang RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo semula merupakan fusi dari RSU Purwokerto yang berlokasi Jl. Dr. Angka No.2 Purwokerto. RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto ini menempati satu paket rumah sakit yang terdiri atas dua lantai yang berlokasi di Jl. Dr. Gumbreg No. 1 Purwokerto. Fungsionalisasi lokasi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto diresmikan secara keseluruhan pada tanggal 12 November 1995. Dilihat dari aspek geografis lokasi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sangat menguntungkan, karena terletak di pusat pengembangan wilayah Jawa Tengah bagian selatan - barat, dan terletak di kota yang terus berkembang menjadi kota besar dan kota perdagangan, pendididkan dan pariwisata. Dipihak lain, kota Purwokerto terletak di pertemuan tiga jalur transportasi menuju pusat rujukan pelayanan kesehatan yang lebih tinggi, dengan jarak sekitar 200km. Dari kota semarang, Yogyakarta dan Bandung. Kondisi ini sangat strategis bagi pengembangan dan pemasaran RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto sebagai RSUD milik Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dalam menyusun struktur organisasi dan tata kerja Rumah Sakit berpedoman pada perda No. 8 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Jiwa Daerah Propinsi Jawa Tengah (Lembaran Daerah Propinsi Jawa Tengah Tahun 2008 No. 8 Seri D No. 4, tambahan lembaran Daerah Propinsi Jawa Tengah No. 14) dan peraturan Gubernur Jawa Tengah No. 94 Tahun 2008 tentang penjabaran tugas pokok, fungsi dan Tata kerja Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Propinsi Jawa Tengah (Berita Daerah Propinsi Jawa Tengah tahun 2008 No. 94). Dalam Peraturan Daerah (perda) No. 8 tahun 2008 tersebut disebutkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah yang selanjutnya disebut RSUD adalah lembaga teknis daerah yang merupakan unsur pendukung tugas Pemerintah Daerah dibidang pelayanan Rumah Sakit yang masing-masing dipimpin oleh seorang direktur yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah. Untuk menunjang pengelola RSUD dapat dibentuk komite-komite, instalasi dan satuan pengawas intern yang pengaturannya ditetapkan dengan keputusan Direktur.


Visi dan Misi RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

Visi: 
"Prima Dalam Pelayanan Sub Spesialistik & Pendidikan Profesi"
Penjelasan
Prima : Berorientasi pada standar mutu dan kepuasan pelanggan
Misi:
  1. Menyelenggarakan pelayanan kesehatan rujukan sub spesialistik
  2. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan
  3. Mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana yang unggul, tepat dan aman
  5. Mengembangkan sistem manajemen yang handal, transparan, akuntabel, efektif & efisien
Motto:
 Melayani Dengan Sepenuh Hati

Info Lowongan Kerja RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Terbaru
DASAR :
  1. Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 55 Tahun 2013 tanggal 17 September 2013 tentang tata cara Pengadaan, Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai Badan Layanan Umum Daerah Non Pegawai Negeri Sipil Tidak Tetap pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jawa Tengah.
  2. Surat Edaran Nomor 860 / 2649 / 2013 tanggal 27 Desember 2013 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Peraturan Gubernur Jawa Tengah Nomor 55 Tahun 2013 tanggal 17 September 2013 tentang tata cara Pengadaan, Pengangkatan dan Pemberhentian Pegawai Badan Layanan Umum Daerah Non Pegawai Negeri Sipil Tidak Tetap pada Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Jiwa Daerah Provinsi Jawa Tengah.
  3. Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 810 / 01121 / 2015, tanggal 10 Februari 2015, tentang Alokasi Formasi Pegawai Badan Layanan Umum Daerah Tidak Tetap pada RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Tahun 2015.

Dengan ini diberitahukan bahwa RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto akan menyelenggarakan seleksi pengadaan Pegawai Badan Layanan Umum Daerah Non Pegawai Negeri Sipil Tidak Tetap Formasi Tahun 2015 dengan ketentuan sebagai berikut: Selengkapnya bisa dilihat di web sumber kami www.rsmargono.go.id

Lowongan kerja di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto tahun 2016 untuk tenaga medis: dokter, perawat, bidan, analis, apoteker, asisten apoteker, ahli gizi, radiografer, rekam medis dan nonmedis seperti akunting, driver, cs, satpam, administrasi dll saat ini belum tersedia.


Fasilitas Pelayanan Medis dan Nonmedis di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah
Pelayanan Rawat Inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto:
Pelayanan kesehatan bagi pasien yang memerlukan tindakan medis, keperawatan dan non medis lebih lanjut, (dalam kurun waktu tertentu) yang membutuhkan perawatan rawat inap di rumah sakit (hospitalization), hal ini dikarenakan penyakit yang diderita oleh pasien dianggap memerlukan perawatan yang intensif oleh tenaga medis, keperawatan dan non medis untuk mencapai kesehatan yang optimal.
No. Ruang Perawatan Kelas Kapasitas
1 Soeparjo Rustam I Kelas I 29
2 Soeparjo Rustam II Kelas I 28
3 Soka Kelas I 16
    Kelas II 19
    Kelas III 1
4 Dahlia Kelas I 12
    Kelas II 19
    Kelas III 1
5 Mawar Kelas III 60
6 Aster Kelas I 6
    Kelas II 8
    Kelas III 22
7 Anggrek Kelas I 2
    Kelas II 2
    Kelas III 2
8 Cendana Kelas III 34
9 Cempaka Kelas I 4
    Kelas II 12
    Kelas IIII 20
10 Kenanga Kelas I 6
    Kelas II 12
    Kelas III 21
11 Seruni Kelas I 6
    Kelas II 8
    Kelas III 23
12 Teratai Kelas I 6
    Kelas II 28
    Kelas III 23
13 Bougenville Kelas III 25
14 Edelweis Kelas III 28
15 Flamboyan (Maternal) Kelas I 6
    Kelas II 4
    Kelas III 36
16 Flamboyan (Perinatal) Kelas I 6
    Kelas II 4
    Kelas III 23
17 Melati (Perinatal) Non Kelas 28
18 Kamar Bersalin Non Kelas 14
19 Intensif Care Non Kelas 19
20 HCU Depan Non Kelas 15
21 Ruang Intensif Abiyasa VIP 5
22 Ruang Tindakan Endoskopi Non Kelas 1
23 Ruang Tindakan Kemoterapi Non Kelas 20
24 Ruang Perawatan Infeksi Non Kelas 5
25 Anturium Lt. I VIP 7
26 Alamanda Lt. II VIP 16
    Non Kelas 5
27 Amarilis Lt. III VIP 20
28 Anyelir Lt. IV VIP 8
    Utama 24

Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto:
Pelayanan Poli Klinik Rawat Jalan Rumah Sakit Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto memberikan pelayanan prima, mencakup berbagai jenis pelayanan spesialistik  berlokasi di Jl dr Gumbreg no 1 Purwokerto. Pelayanan pada pagi hari setiap hari kerja, menyelenggarakan pelayanan untuk pasien dengan BPJS PBI dan Non PBI, Jamkesda, kerjasama maupun untuk pasien umum. Pola pelayanan ditata dengan baik dengan peralatan yang lengkap dan dilaksanakan oleh tenaga spesialis yang handal serta perawat profesional yang  terlatih di bidangnya.  Dengan sarana ruang tunggu yang efisien tepat berhadapan poli yang dikunjungi pasien sehingga memberikan kenyamanan dalam kunjungan ke poliklinik. Pendaftaran pasien poliklinik juga dilakukan dengan antrian digital di loket pendaftaran dan juga di fasilitasi dengan fasilitas antrian digital yang tersedia di masing-masing poliklinik sehingga memungkinkan pasien untuk mendapatkan pelayanan dengan baik.Adapun klinik yang tersedia adalah :
1. Klinik Anak
2. Klinik Bedah
3. Klinik Bedah Onkologi
4. Klinik Bedah Ortopedi
5. Klinik Bedah Plastik
6. Klinik Bedah Saraf
7. Klinik Bedah Urologi
8. Klinik Diabetes Militus
9. Klinik Fetomaternal
10. Klinik Gigi
11. Klinik Gizi
12. Klinik Hipert & Ginjal
13. Klinik Infertil
14. Klinik Jantung
15. Klinik Kebidanan
16. Klinik Kesehatan Jiwa
17. Klinik Kulit Dan Kelamin
18. Klinik Mata
19. Klinik OAI & TPK
20. Klinik Paru-Paru
21. Klinik Penyakit Dalam
22. Klinik PTRM
23. Klinik Rehabilitasi Medik
24. Klinik Retina
25. Klinik Reumatologi & Imunologi
26. Klinik Saraf
27. Klinik THT
28. Klinik VCT      

Pelayanan Penunjang di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto:
  • IGD  (24 jam)
  • Instalasi Laboratorium Klinik (24 jam)
  • Instalasi Farmasi/Apotek (24 jam)
  • Instalasi Radiologi (24 jam)
  • Kasir (24 jam)
  • Instalasi Rehabilitasi Medik
  • Instalasi Bedah Sentral
  • Instalasi Pem. Sosial
  • Instalasi Gizi
  • Instalasi Sterilisasi Sentral
  • Instalasi Aset & Pemeliharaan Sarana RS
  • Instalasi Teknologi Informasi
  • Diklitbang
  • Perpustakaan
Pelayanan Intensive di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto:
Instalasi Rawat Intensif mempakan suatu bagian di Rumah SakitMargono Soekarjo (RSMS) yang memiliki suatu tempat atau unit tersendiri dimana mampu memberikan pelayanan 24 jam, serta mempunyai staf dan petugas khusus. Pasien yang datang di sini 4 dengan kondisi trauma atau komplikasi yang masih dapat disembuhkan.
Dalam aktivitasnya, Instalasi Rawat Intensif memberikan pelayanan intensif yang profesional pada semua pasien yang dirawat, memberikan pelayanan intensif yang dapat menekan angka kematian dalam masa rawatan, dan memberikan pelayanan intensif sesuai standar pelayanan kasus-kasus intensif. Di tahun 2014 ini, Instalasi Rawat Intensif di RSMSmemiliki tiga bagian penanganan. Mulai dari High Care Unit (HCU), Intensive Care Unit (lCU) dan Intensive and Coronary Care Unit (ICCU). Bahkan, ICU di RSMargono ini telah memiliki gedung bam yang lebih lengkap peralatannya.

HCU RS MARGONO BERIKAN PELAYANAN TOTAL CARE
High Care Unit (HCU) RS Margono Soekarjo adalah sebuah ruangan/tempat khusus yang memberikan pelayanan secara intensif untuk pemantauan fungsi vital secara terus menerus dalam 24 jam. Dimana perawatan intensif ini akan dapat memperbaiki dan mempertahankan kelangsungan hidup selanjutnya.
Selain itu, HCU di RSMargono juga merawat pasien dengan
tingkat kekritisan dimana memiliki ancaman jatuh pada kondisi lebih buruk. "Pasien yang ada di sini itu merupakan pasien yang memiliki riwayat tekanan darah tidak stabil, dan tingkat kesadaran menurun. Bisa disebabkan karena trauma, penyakit kronis, atau gangguan multi organ," kata Penanggungjawab Ruang HCU Rasiman, S.Kep, Ners saat ditemui tim majalah SwaraSehat.
Rasiman menuturkan, berbagai peralatan yang canggih dan terbaik memenuhi ruang HCU demi pelayanan kepada masyarakat secara maksimal. Mulai dari Bed Side Monitor yang ditujukan untuk memonitor tanda tanda vital tubuh manusia.
Dalam alat ini, petugas setiap waktu bisa melihat kondisi pasien. "Mulai dari fungsi jantung, hati, paru-paru dan sebagainya," kata Rasiman menyebut di samping alat itu, ada juga nebulizer, respirator (alat bantu napas), refrigerator, dan alat life saving lainnya.
Dia mengungkapkan, di HCU terdapat 12 tempat penanganan (bed) dimana dua diantaranya merupakan ruang isolasi. Penangan di ruang isolasi diberikan penanganan khusus agar kasus yang dialami pasien tidak menular ke pasien yang lain. Dengan didukung atas 24 tenaga yang terdiri atas 20 perawat, house keeper, cleaning service, farmasi dan administrasi, HCU RS Margono memberikan pelayanan maksimal.
"Kami memberikan pelayanan total care. Artinya, semua kebutuhan pasien dipenuhi dan dibantu perawat," tegas Rasiman. Dijelaskannya, jam besuk pasien di ruang HCU dimulai pada pukuI 11.30- 13.00 dan 16.30-18.00. Selain di luar jam tersebut, tidak diperkenankan menunggu di dalam. Namun demikian,
RSMS juga bakaI mengundang pihak keluarga penunggu saat pasien dalam kondisi kegawatdaruratan yang akut.
Sementara, untuk pelayanan administrasi, Ruang HCU juga melayani pasien dari BPJS maupun dari umum. "Semua pelayanan kami samakan. Dokter spesialis yang menangani juga sesuai dengan jadwal pada kasus masing-masing," tambah dia.
Masih Terus Dikembangkan
Mengunjungi ruang HCU, maka pengunjung RS Margono Soekarjo akan melewati lorong. Dari depan, terlihat tulisan anak kecil di larang masuk. Dengan memiliki 12 bed, ruang HCU masih terus akan melakukan pengembangan agar bisa merawat pasien lebih banyak lagi. "Kedepannya masih akan bertambah Uumlah bed). Sekarang masih dalam tahap pengembangan.
Semoga tidak lama lagi," kata dia. Termasuk, kata dia, adalah pelayanan di ruang tunggu untuk keluarga pasien. Diakuinya, keluarga pasien kebanyakan menunggu di ruang depan HCU. Padahal, di depan ruang itu, baru terhampar lantai. Kedepannya, pihak HCU sendiri akan berupaya mengembangkan dengan membuat ruang tunggu untuk keluarga pasien yang layak dan representatif. 

Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai dan ditangani di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto adalah: Demam typhoid, asma, anemia aplastik, penyakit kandungan, penyakit  kulit dan kelamin, penyakit jantung dan pembuluh darah, pneumonia, penyakit kulit dan kelamin,  hipertensi, diabetes melitus, katarak, tumor dan kanker servik, patah tulang, stroke haemoragic, stroke iskhemik/CVD SI, sub arachnoid haemoragic/SAH, intra cranial hematoma/ICH, subdural hematoma/SDH, meningitis, meningoencephalitis, HIV/AIDS, alzhaimer, myastenia gravis, TBC, malaria, lupus, kista dan lain sebagainya. Semua jenis penyakit ini bisa ditangani di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto, Jawa Tengah.

Selain itu di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto juga tersedia apotek yang menjual obat - obatan untuk mengatasi hipertensi, obat untuk penyakit asma, obat untuk batuk pilek, obat untuk epilepsi, obat penyakit ginjal, obat mata, obat anti epilepsi, antibiotik, analgetik, anti kolinergik, cairan dan elektrolit, obat-obat lambung, obat-obat jantung, obat antidiabetes, obat untuk luka,  anti malaria dan lain sebagainya.


Logo RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
Logo RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto

Berita Terbaru Tentang RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto
Menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Nomor : 800/3312/1.2 tanggal 30 November 2015 Perihal  Kegiatan Bidang Bakti Sosial dan Kesehatan dalam rangka HUT KORPRI ke 44 Tahun 2015 Provinsi Jawa Tengah RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT KORPRI ke 44 Tahun 2015 yaitu Sepeda Sehat, Donor Darah, dan Pengobatan Masal di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara dan Desa Karangsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap.
Kegiatan sepeda sehat dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 27 November 2015 dengan tema “Dengan Memperkokoh Netralitas Dan Profesionalitas, KORPRI Siap Mensukseskan Program Nawacita Melalui Program Ayo Kerja Menuju Terwujudnya Kualitas Pelayanan Publik Dan Kesejahteraan Rakyat”. Acara ini diikuti kurang lebih 75 Peserta. Rute yang ditempuh oleh rombongan sepeda sehat yaitu start dari RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Jl. Dr. Gumbreg No.1 Purwokerto sampai finish di Paviliun Abiyasa dan Pusat Geriatri RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Jl. Dr. Angka No. 1-2, Purwokerto dengan jarak kurang lebih sembilan kilometer.
Kegiatan donor darah dilaksanakan pada hari Hari Rabu tanggal 2 Desember 2015 bertempat Lobi Kantor RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Kegiatan diikuti oleh 58 Pendonor yang terdiri dari jajaran direksi dan karyawan RSMS. Sementara untuk pelaksana kegiatan adalah Instalsi Transfusi Darah (ITD) RSMS.
Kegiatan Pengobatan Masal di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 8 Desember 2015. Kegiatan ini diikuti oleh Dokter Umum, Perawat, Rekam Medik, dan bagian Farmasi. Warga sangat antusias memanfaatkan kesempatan pengobatan yang disediakan oleh RSMS di Desa mereka. Tercatat 168  orang yang yang mengikuti dan memanfaatkan layanan yang disediakan.
Kegiatan Pengobatan Masal di Desa Karangsari, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap dilaksanakan pada hari Hari Selasa tanggal 15 Desember 2015. Kegiatan ini diikuti oleh Dokter Umum, Perawat, Rekam Medik, dan bagian Farmasi. Warga menyambut baik dan antusias memanfaatkan kesempatan layanan pengobatan yang disediakan oleh RSMS di Desa mereka. Tercatat 326  orang yang yang mengikuti dan memanfaatkan layanan yang disediakan.
Semoga bermanfaat..

RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment