Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Thursday, 7 April 2016

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong


DAFTAR RUMAH SAKIT DI KABUPATEN KEBUMEN, JAWA TENGAH

RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

Alamat RS PKU Muhammadiyah Gombong
Jl. Yos Sudarso No.461, Semondo, Gombong

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Telepon:(0287) 471780
Email: pkumuh_gombong@yahoo.co.id



Latar Belakang / Sejarah RS PKU Muhammadiyah Gombong
Tanggal 26 April 1958 bertepatan dengan 06 Syawal 1377 H, atas dorongan Simbah Kyai Wirjosoedarmo sebagai sesepu Muhammadiyah Gombong serta dukungan penuh dari K.H. Abu Dardiri, Konsul Muhammadiyah Dareh Kedu waktu itu, telah membulatkan tekad Md. Djarot Prawirosoewarno, selaku Ketua Muhammadiyah Cabang Gombong untuk memprakarsai berdirinya Balai Pengobatan (klinik) Muhammadiyah di Jl. Jagalan, Kampung Kedungampel, Wonokriyo, Kec. Gombong (Rumah Bp. M. Suhud) dengn izin Bupati Kebumen No. U/57/DPD/Kes/58, dengan tenaga paramedis R. Kasmin Hadisoewirjo dan dokter pengawas dr. Soedirman. Balai Pengobatan inilah yang menjadi embrio dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong.
Tahun 1967, Balai Pengobatan Muhammadiyah Gombong pindah lokasi ke Jl. Stasiun (Losmen Wisma Susila) dan dikembangkan menjadi Balai Pengobatan / Rumah Bersalin (BP/RB) dan sebagai penanggungjawab BP adalah H. Asmad Wiryosentono, sedangkan penanggungjawab RB adalah Bidan Ida Mulyani dan dilanjutkan oleh Bidan Masi’in. Pada tahun tersebut, RB PKU Muhammadiyah mendapat pengakuan dari BKKBN sebagai klinik KB Swasta yang pertama di Kabupaten Kebumen. Pada dekade awal pengembangan Rumah Bersalin serta pengelolaannya, kiprah dan peran serta aktif para pengurus ‘Aisyiyah Kec. Gombong, yang dimotori oleh Hj. Siti Ma’idah Soetariyo, Hj. Djalilah Basyar, dan Hj. S. Marsiyah Djarot, dibantu oleh beberapa tokoh ‘Aisyiyah lainnya, antara lain Hj. Sutirah Maryono, Hj. Siti Romelah Nasa, Hj. Siti Nurrahmah, Hj. Siti Amilah Mujahid, Siti ‘Aisyiyah Marsudi berusaha memberikan kontribusi yang besar bagi kemajuan dan pengembangan amal usaha Muhammadiyah ‘Aisyiyah dengan berdaya upaya secara maksimal dalam mengadakan peralatan medis, obat-oabatan, ketenagaan, dan beberapa kelengkapan klinik lainnya.
Tahun 1969, Sekolah Perawat Aisyiyah Yogyakarta mengirim tenaga paramedis Soebardi Raharjo untuk turut mengembangkan BP PKU Muhammadiyah Gombong, bahkan sempat membuka satelit pelayanan kliniknya di desa Kalitengah, Jatijajar (Kec. Ayah) dan Petanahan. Sekolah Bidan ‘Aisyiyah (SBA) Surakarta mengirim tenaga lulusan pertamanya, bidan Siti Rohani untuk membantu mengelola Rumah Bersalin, khususnya dalam meningkatkan pelayanan/penyuluhan KB di Kecamatan Gombong dan Petanahan.
Tahun 1974, sehubungan dengan semakin meningkatnya kunjungan pasien di RB PKU Muhammadiyah Gombong, khususnya dalam pelayanan periksa hamil, persalinan, dan KB, maka atas permintaan Pengurus, dikirim tenaga lulusan SBA Surakarta Bidan Sri Hartati.
Tahun 1975, kedatangan alumni SBA Surakarta yaitu Bidan Darminah disara dapat memberikan bantuan yang sangat berarti bagi kemajuan RB PKU Muhammadiyah Gombong, terbukti dengan cakupan pelayanan semakin meluas dan kunjungan pasien di klinik pun meningkat tajam. Pengabdian yang dijalani bidan Darminah selama lebih dari satu dasa warsa, membuahkan prestasi yang patut disyukuri.
Tahun 1977, melihat peluang dan perkembangan dari BP/RB PKU Muhammadiah Gombong, maka atas prakarsa KH. Md. Djarot Prawirosoewarno, H. Ahmad Mudjahid, H.M Saad Nur BA., H. S. Siswosudibyo, dibantu beberapa tokoh masyarakat Gombong antara lain H. D. Soetariyo, H. Badawi, HM. Dullah Ichwan, Ahmad Somadi, H. A. Roesmadi, H. Suwadiman, Hj. Fatmah Maskat, serta simpatisan Muhammadiyah/’Aisyiyah dan para donatur dari luar kota Gombong, seperti H. Kajat Wibowo, H. Muchtamil, Drs. H. M. Boston Basyar, dan lainnya, BP/RB PKU Muhammadiyah dikembangkan menjadi Rumah Sakit. Pelaksanaanya diserahkan oleh suatu kepanitiaan pembangunan, yang akhirnya dikukuhkan menjadi sebuah Yayasan Pembangunan Muhammadiyah dengan akte notaris No. 32 tanggal 24 Juli 1979, yang bertujuan untuk membantu pengembangan Amal Usaha Persyarikatan Muhammadiyah, termasuk di dalamnya BP/RB dan Sarana Pendidikan Muhammadiyah.
Tahun 1979, Yayasan Pembangunan Muhammadiyah untuk pertama kalinya membangun sebuah gedung induk, RB/BP PKU Muhammadiyah Gombong, berukuran 120 m2 di atas tanah waqaf dari warga Muhammadiyah dan para donatur seluas 560 m2 (40 ubin), yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso Barat (No. 461) Gombong. Pembangunan ini selesai dan diresmikan oleh Bupati KDH II Kebumen, Letkol Sumpeno Suryodiprojo dan H. M. Mawardi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta pada tanggal 26 April 1979.
Tahun 1980, Yayasan membangun gedung yang kedua untuk asrama perawat dan bidan. Peresmiannya dilaksanakan oleh Bupati KDH II Kebumen, Drs. Dadijono Judo Prajitno pada tanggal 18 April 1980, sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Gedung Perawatan Umum yang pertama.
Tahun 1983, Yayasan membangun Gedung Perawatan Umum yang pertama, serta Gedung Poli THT dan Poli Anak diresmikan penggunaannya oleh Brigjen H. Burhani Tjokrohandoko (Dirjen. Bimas Islam / Urusan Haji DEPAG RI) tanggal 9 Januari 1983, pada Pengajian Akbar Maulid Nabi SAW yang diselenggarakan di halaman parkir BP/RB PKU Muhammadiyah Gombong. Momentum ini dimanfaatkan oleh Yayasan Pembangunan Muhammadiyah sebagai titik awal perkembangan dan peningkatan status BP/RB menjadi Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Gombong.
Tahun 1986, pada Rakornas Rumah Sakit Swasta Nasional yang diselenggarakan oleh Dep. Kes. RI di Hotel Gunung Mas Puncak, Jawa Barat pada tanggal 30 November – 3 Desember 1986 yang dihadiri oleh Md. Djarot (Ketua Yayasan), dr. Yuyud G. Puradireja (Penanggungjawab BP/RB/ PKU Muhammadiyah Gombong) dan J. Abdul Karim Ahmad (Wakil Sekretaris Yayasan), dalam pernyataan Dirjen. Yanmed Depkes. Dr. H. Muh. Isa, disampaikan adanya peluang besar dan kemudahan pengurusan izin pendirian Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong.
Tahun 1991, dibawah kepemimpinan dr. Hardjo Djojodarmo, Sp. OG, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong menerima bantuan Presiden sesuai Kepres No. 114/B/Th. 1991, tanggal 8 Oktober 1991, berupa peralatan medis senilai Rp. 97,1 juta. Ditahun yang sama, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong menerima Sertifikat Penghargaan dari Kakanwil Dep. Kes. Jateng sebagai juara 1 Penampilan Kerja Rumah Sakit Swasta Tingkat Pratama se-Jateng serta menerima Sertifikat Penghargaan dari Menkes RI sebagai Juara 2 Penampilan Rumah Sakit Swasta Tingkat Pratama seluruh Indonesia.
Tahun 1992, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong kembali mendapat penghargaan sebagai Juara 1 Penampilan Kerja Rumah Sakit Swasta Tingkat Pratama se-Jateng dan menerima Penghargaan Pataka Nugraha Karya Husada yang diserahkan oleh Menkes RI Dr. Adhiyatma MPH kepada Md. Djarot Prawirosoewarno (Ketua Yayasan) didampingi oleh dr. Fatah Widodo (Wakil Direktur) pada peringatan HKN ke 28 di Jakarta, sebagai juara 1 Penampilan Kerja Rumah Sakit Swasta Tingkat Pratama Nasional.
Tahun 1993, berdasarkan SK Yayasan No 108/SK/YRSU/1993, dr. Fatah Widodo resmi menjadi Direktur Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Di Periode kepempimpinannya, Rumah Sakit ditunjuk sebagai pilot proyek Pusat Informasi Keluarga Sejahtera (PIKSA) oleh Menteri Negara Kependudukan. Kepala BKKBN Pusat, Prof. Dr. H. Haryono Suyono dan pada tanggal 27 Agustus 1993, sekaligus meresmikan Gedung Bedah Sentral dan Pelayanan Keluarga Berencana. Dalam acara tersebut, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong menerima bantuan peralatan medis.
Tahun 1994, Yayasan membuka pendidikan Akademi Perawatan Muhammadiyah dan secara resmi menerima izin dari Men. Kes RI No. HK.00.06.1.1.2485/ tanggal 9 Juni 1994.
Tahun 1995, Yayasan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong, karena pertimbangan kemaslahatan dalam penyelenggaraan Rumah Sakit di masa depan, Yayasan menonaktifkan diri serta melimpahkan penyelenggaraan Amal Usaha Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong kepada Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong tanggal 27 Agustus 1995.
Tahun 1996, peresmian Bangsal Rahmah oleh Bupati Amin Sudibyo pada tanggal 13 Januari 1996. Bangunan tersebut dibangun atas sumbangan dari Marsekal H. Roesmin Noerjadin dan Hj. Marjam Martosoedirmo.
Tahun 1997, dibawah kepemimpinan dr. N. Husein Amrah, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah menerima bantuan berupa 1 (satu) unit Ambulance dari Bazis Pertamina Jakarta.
Tahun 1999, pada periode kepemimpinan dr. Hj. Wiwik Widyaningsih, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong menerima Sertifikat Akreditas Rumah Sakit Tingkat Dasar untuk 5 pelayanan dari Dirjen. Yanmed Dep. Kes. RI No. YM.00.02.04.2.1401 / tanggal 21 Juni 1999.
Tahun 2000, pada periode kepemimpinan dr. Haryo, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong membangun Gedung Perawatan Inayah dan diresmikan penggunaannya oleh Bupati Kebumen, Dra. Rustriningsih pada acara Operasi Katarak Massal di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong tanggal 4 Juni 2000.
Tahun 2003, Pembangunan Gedung Salma, Sentral Bedah II, Sentral Sterilisasi, Ruang Perinatal Resiko Tinggi dan Aula yang diresmikan penggunaannya oleh Prof. Dr. H. Amien Rais MA,. Ketua MPR RI, pada tanggal 3 Februari 2003 dalam acara Pengajian Akbar yang diisi oleh Ketua PWM Jawa Tengah, Drs. H. M. Dahlan Rais M. Hum.
Tahun 2004, RS PKU Muhammadiyah Gombong menerima Sertifikat Akreditasi Rumah Sakit Tingkat Lanjut untuk 12 Pelayanan dari Dirjen Yanmed Dep. Kes RI No. HK.00.06.3.5.270 / tanggal 21 April 2004.
Tahun 2005, RS PKU Muhammadiyah Gombong mendapat juara 1 Lomba Taman Rumah Sakit Tigkat Kabupaten dalam rangka lomab K3 pada peringatan HKN 41.
Tahun 2006, RS PKU Muhammadiyah Gombong menerima bantuan dari Wakil Presiden RI, Drs. Yusuf Kalla berupa 20 unit Elektrik Hospital Medical Bed tanggal 24 April 2006.
Tahun 2009, tepatnya tanggal 5 Desember 2009, RS PKU Muhammadiyah Gombong menerima sertifikat ISO 9001:2008 dari PT SGS Indonesia dengan lembaga sertifikasi JAZ-AN Australia.

Visi dan Misi RS PKU Muhammadiyah Gombong
Visi:
Rumah Sakit dengan pelayanan Islami, Prima dan Terpercaya.
Misi:
  1. Mengembang fungsi dakwah sebagai amal usaha Muhammadiyah di bidang kesehatan.
  2. Meningkatkan kesejahteraan, penampilan, pelayanan dan seluruh sumber daya rumah sakit.
  3. Mewujudkan Rumah Sakit kelas B Pendidikan Utama.
  4. Berrperan serta aktif dalam pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat termasuk kepada kaum dhuafa.

Info Lowongan Kerja RS PKU Muhammadiyah Gombong Terbaru
Saat ini belum ada lowongan kerja medis: dokter, bidan, perawat, analis, apoteker, asisten apoteker, ahli gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan masyarakat, rekam medis dan radiografer terbaru di RS PKU Muhammadiyah Gombong Kabupaten Kebumen. Saat ini juga belum ada lowongan kerja nonmedis: kasir, HRD, administrasi, manajemen, helper, staff umum, satpam, cleaning service dan yang lainnya di RSUD Kabupaten Kebumen terbaru. Pengumuman lowongan kerja di RS PKU Muhammadiyah Gombong terakhir pada tahun 2015.


Fasilitas Pelayanan Medis dan Nonmedis di RS PKU Muhammadiyah Gombong
Lingkup pelayanan yang diberikan di RS PKU Muhammadiyah Gombong meliputi :
  1. Pelayanan Rawat Jalan, yang meliputi Poli Kebidanan & Kandungan, Poli Anak, Poli Penyakit Dalam, Poli KIA & KB, serta Poli Umum (IGD).
  2. Pelayanan Rawat Inap, sesuai dengan kekhususan layanan pada Ibu dan Anak. Layanan Medis Penunjang, meliputi IGD 24 jam, Instalasi Farmasi, Instalasi Laboratorium dan Instalasi Radiologi.
  3. Layanan Non Medis Penunjang, meliputi Instalasi Gizi, Laundry dan Ambulans
Beberapa jenis penyakit yang bisa ditangani di RS PKU Muhammadiyah Gombong Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah terutama untuk penyakit masalah persalinan dan kehamilan.

Selain itu di RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen juga tersedia apotek yang menjual obat - obatan untuk mengatasi hipertensi, obat-obatan untuk masalah kehamilan, obat untuk penyakit asma, obat untuk batuk pilek, obat untuk epilepsi, obat penyakit ginjal, obat mata, obat anti epilepsi, antibiotik, analgetik, anti kolinergik, cairan dan elektrolit, obat-obat lambung, obat-obat jantung, obat antidiabetes, obat untuk luka,  anti malaria dan lain sebagainya.

Logo RS PKU Muhammadiyah Gombong Kabupaten Kebumen
Logo RS PKU Muhammadiyah Gombong
Berita Terbaru Terkait RS PKU Muhammadiyah Gombong
RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG SUDAH MEMPUNYAI ALAT RADIOLOGI TERBARU DAN MUTAKHIR YAITU ADALAH MRI, CT-SCAN MULTISLICE, MAMMOGRAFI, KOMPUTER RADIOLI, PANORAMIC GIGI DAN USG 4 DIMENSI 

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment