Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Wednesday, 6 January 2016

RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah

DAFTAR RUMAH SAKIT DI SEMARANG JAWA TENGAH


RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah

Alamat dan Lokasi Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Kariadi Semarang :
Jl. Dr Sutomo No. 16 
Semarang, Jawa Tengah - Indonesia 50244
Fax: +6224 8318617
Telp: +6224 8413476
Sms Pengaduan : 08886509262
Email Humas : humas_rskariadi@yahoo.co.id
Email: info@rskariadi.co.id


Latar Belakang RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah

Sejarah singkat berdirinya RSUP Dr Kariadi sampai dengan ditetapkan menjadi Rumah Sakit BLU saat ini.


  1. Didirikan pada jaman penjajahan Belanda tanggal 9 September 1925 dikenal dengan nama Centrale Buzgerlijke Ziekewsichting (CBZ), kemudian padajaman penjajahan Jepang menjadi “Purusara” (Pusat Rumah Sakit Rakyat).
  2. Menjadi rumah sakit vertikal milik Departemen Kesehatan dengan nama RSUP Dr. Kariadi berdasarkan SK Menteri Kesehatan RI No. 21215/Kab/1964tanggal 14 April 1964.
  3. Berdasarkan SK Menkes RI no.546/Men.Kes/SK/III/1978 diklasifikasi menjadi Rumah Sakit Umum klas B Pendidikan dan dengan SK Menkes RI no. 134/Menkes/SK/1978 mengatur tentang struktur RS. Dr. Kariadi.
  4. Berdasarkan SK Menkes RI No.1130/Menkes/SK/XII/1003, tanggal 10 Desember 1993 ditetapkan menjadi RS Unit Swadana dengan struktur organisasi berdasarkan SK Menkes No. 546/Menkes/VI/1994 tanggal 13 Juni 1994 Tentang Organisasi dan Tata Kerja RSUP Dr. Kariadi.
  5. Pada tahun 1997 sebagai Instansi Pemerintah Pengguna Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) berdasarkan UU No. 20 tahun 1997.
  6. Berdasarkan PP No. 120 Tahun 2000 tentang Pendirian Perusahaan Jawatan RSUP Dr. Kariadi, status rumah sakit berubah menjadi Perusahaan Jawatan yang operasional mulai Tahun 2002.
  7. Terakhir pada tahun 2005 diubah statusnya menjadi Instansi Pemerintah yang menerapkan PPK-BLU berdasarkan PP No. 23 tahun 2005 dan Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 1243/MENKES/SK/VII/2005 tanggal 11 Agustus 2005.


Visi dan Misi RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah



VISI :
”MENJADI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN DAN RUJUKAN NASIONAL YANG UNGGUL” 

MISI : 
  • Menyediakan pelayanan kesehatan dan rujukan yang paripurna, bermutu tinggi, menjamin keselamatan pasien dan menjangkau seluruh masyarakat
  • Menyediakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tetap berorientasi pada keselamatan pasien 
  • Melaksanakan dan memfasilitasi penelitian yang berkualitas sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang menjamin keselamatan pasien.
NILAI :
  • Kepercayaan (trust)
  • Integritas (integrity)
  • Peduli (care)
  • Profesional
  • Efisien
  • Kebersamaan
FILOSOFI :
Dengan landasan kemanusiaan, motivasi, jujur, integritas yang tinggi akan mampu meningkatkan mutu pelayanan.
  
MOTTO : 
”Sahabat Menuju Sehat” 





Info Lowongan Kerja di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah Tahun 2016
Lowongan kerja di RSUP Dr. Kariadi Tahun 2016 untuk tenaga medis: Perawat, Asisten Apoteke dan Radiografer Telah dibuka. Mulai pendaftaran dibuka mulai tanggal 07-16 Januari 2016.


Fasilitas Pelayanan Medis dan Nonmedis di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah
RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah memberikan pelayanan medis yang komprehensif dan terjangkau oleh masyarakat. RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah  memberikan pelayanan untuk pasien umum dan BPJS serta bekerja sama dengan berbagai jenis asuransi swasta lainnya seperti; prudential, axa mandiri, BNI life, Sinarmas, Adira Insurance, In Health, Takaful, dan berbagai Asuransi PT lainnya. Beberapa pelayanan medis yang bisa di dapat di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah  antara lain: Pelayanan dokter spesialis: dokter spesialis saraf, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis paru, dokter spesialis bedah saraf, dokter spesialis bedah umum, dokter spesialis anestesi, dokter spesialis anak, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesiali THT, dokter spesialis kandungan/obgyn, dokter spesialis orthopedi, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dokter spesialis radiologi, dokter gigi, dokter spesialis radiologi dan dokter umum. Selain itu di Rumah Sakit Umum Harapan Ibu Purbalingga juga ada divisi - divisi khusus seperti divisi patologi klinik dan klinik kebidanan yang mumpuni di wilayah Jawa Tengah. Selain pelayanan meddis yang handal, RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah juga mempunyai pelayanan keperawatan, laboratorium, rekam medik, instalasi gizi, radiologi, CSSD, loundry dan farmasi yang handal dan dengan fasilitas yang lengkap. Ruang keperawatan mulai dari kelas III, IGD, ICU, OK sampai dengan VVIP, Poli Klinik dan Ruang VK serta ruang perawatan jenazah juga tersedia di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah.

Beberapa jenis penyakit yang sering dijumpai dan ditangani di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah adalah: Demam typhoid, asma, anemia aplastik, penyakit kandungan, penyakit  kulit dan kelamin, penyakit jantung dan pembuluh darah, pneumonia, penyakit kulit dan kelamin,  hipertensi, diabetes melitus, katarak, tumor dan kanker servik, patah tulang, stroke haemoragic, stroke iskhemik/CVD SI, sub arachnoid haemoragic/SAH, intra cranial hematoma/ICH, subdural hematoma/SDH, meningitis, meningoencephalitis, HIV/AIDS, alzhaimer, myastenia gravis, TBC, malaria, lupus, kista dan lain sebagainya.

Selain itu di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah juga tersedia apotek yang menjual obat - obatan untuk mengatasi hipertensi, obat untuk penyakit asma, obat untuk batuk pilek, obat untuk epilepsi, obat penyakit ginjal, obat mata, obat anti epilepsi, antibiotik, analgetik, anti kolinergik, cairan dan elektrolit, obat-obat lambung, obat-obat jantung, obat antidiabetes, obat untuk luka,  anti malaria dan lain sebagainya. Namun fasilitas ini hanya bisa didapat oleh pasien di RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah. Fasilitas pelayanan unggulan RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah yang sedang berkembang saat ini antara lain pelayanan bedah epilepsi, pelayanan geriatri dan pelayanan leptospira.

Logo RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah
Logo RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah
Berita Terbaru Tentang RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah


RSUP Dr. Kariadi kembali mengoperasikan alat Cath Lab baru di Instalasi Jantung dan Pembuluh Darah. Peralatan ini menjawab kebutuhan masyarakat yang selama ini membutuhkan pelayanan diagnostik jantung.

Cath Lab merupakan pelayanan yang dilaksanakan di laboratorium kateterisasi jantung dan angiografi untuk menentukan Diagnostik penyakit jantung dan pembuluh darah dan untuk selanjutnya dilakukan Intervensi Non Bedah sesuai indikasi secara invasive melalui pembuluh darah dengan menggunakan kateter atau elektroda.
Apa Indikasi di lakukan tindakan?
Kelainan Jantung Bawaan 
  • Kelaianan Jantung koroner
  • Kelainan Irama Jantung
  • Kelainan Katup Jantung
  • Kelainan Pembuluh darah
  • Hasil treadmill test positif
  • Medical Cek Up untuk pasien dengan faktor resiko penyakit jantung
  • Evaluasi Operasi Bypass ( CABG )


Siapa saja yang tidak boleh dilakukan Tindakan ? 
  • Ibu hamil dengan usia kehamilan kurang dari 3 bulan
  • Gagal jantung yang belum jelas penyebabnya
  • Infeksi berat
  • Alergi Zat kontras yang hipersensitif
  • Penyakit Pembuluh darah otak kurang dari 1 bulan
  • Perdarahan pada saluran pencernaan
  • Perempuan yang sedang menstruasi ( haid )


DIAGNOSTIK INVASIF
Diagnostik invasif merupakan pemeriksaan yang bertujuan untuk memeriksa struktur anatomi serta fungsi jantung & pembuluh darah termasuk ruang, otot, katup serta pembuluh darah jantung ( pembuluh darah koroner ).

Tindakan apa saja yang dapat di lakukan?

  • Angiografi  Koroner (Koronarografi)
  • Angiografi Arteri, Vena & Aorta
  • Ventrikulograf

Bagaimana Tindakan Tersebut Dilakukan ?
Prosedur tersebut di lakukan oleh dokter Spesialis Jantung Invasif ( Intervensionist cardiologist ) dengan menggunakan Alat Angografi, dilakukan dengan cara memasukan kateter dengan diameter 1,5 – 2,0 mm menuju jantung melalui tusukan pada arteri / vena. Selama tindakan mendapatkan anatesi lokal, kecuali untuk anak – anak atau bayi yang tidak kooperatif di gunakan anastesi umum.Arteri / Vena yang di tusuk umumnya melalui:

  • Arteri/Vena Femoralis
  • Arteri Radialis
  • Arteri Brakhialis
  • Vena Jugularis
  • Vena Subklavia

Untuk melakukan Angiografi & ventrikulografi di lakukan dengan cara memasukan zat kontras kedalamnya melalui kateter.
Untuk Apa Pemeriksaan Diagnostik di lakukan ?
Dari hasil pemeriksaan diagnostk dapat di tentukan diagnostic penyakit jantung ( penyakit jantung koroner ) & pembuluh darah secara tepat dan akurat sebagai acuan dokter dalam melakukan tindakan pengobatan selanjutnya. 




Semoga bermanfaat..

RSUP Dr. Kariadi Semarang, Jawa Tengah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment