Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Thursday, 9 February 2017

Tips & Cara Efektif Menolong Bayi / Anak yang Tersedak


Penyebab Bayi atau Anak Tesedak
Anak-anak usia di bawah 3 tahun paling senang memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya. Hal ini sering dilakukan karena dari situlah anak-anak mendapat kepuasan. Efek negatifnya yang paling sering terjadi ialah bayi berisiko tersedak.

Tersedak terjadi ketika ada benda asing yang masuk kedalam mulut sampai dengan tenggorokan dan menghambat saluran pernafasan sehingga anak seperti tercekik. Benda apapun yang ukurannya bisa masuk ke mulut anak sangat mungkin tertelan, lalu tersangkut di aliran pernafasan dan menyebabkan tersedak. 


Tanda dan Gejala Bayi atau Anak yang Tersedak
Saat tersedak, umumnya anak memberi tanda dengan meletakkan tangannya di leher. Tanda-tanda bayi / anak kecil tersedak yang lain yang mungkin menyertai anak anda ialah tidak mampu bicara, sulit bernafas atau nafasnya bersuara, tidak bisa batuk, bibir dan kulit menghitam kemudian kehilangan kesadaran atau pingsan. Cara efektif untuk mengeluarkan makanan atau benda asing pada mulut bayi atau anak sangat dibutuhkan agar tidak berakibat fatal. Sebab jika anda terlambat melakukan pertolongan pertama pada bayi atau anak anda yang tersedak maka dapat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kematian. Seperti kasus beberapa waktu lalu yaitu seorang balita yang tersedak cilok akhirnya meninggal dunia.

Bayi yang tersedak harus segera mendapat pertolongan. Pertolongan pertama yang wajib dilakukan pada bayi / anak yang tersedak (first aid on infant / child choking on food) yaitu sebagai berikut:

  1. Letakan bayi dalam posisi telungkup di lengan dengan kepala bayi lebih rendah dari atau dadanya.
  2. Sangga kepala bayi dengan telapak tangan. Jangan menutupi mulut bayi atau menekan atau lehernya.
  3. Gunakan tumit dari salah satu tangan untuk menepuk punggung bayi sebanyak 5 kali, tepat di antara tulang belikat bayi
Cara memposisikan Bayi yang tersedak makanan / benda
4. Jika benda yang membuat tersedak tidak juga keluar, sangga kepala bayi dan ubah posisinya menjadi telentang di atas paha. Jaga kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya.
5. Berikan 5 kali tekanan dengan cepat pada tulang dada di bawah puting bayi menggunakan 2 - 3 jari.


Cara mengeluarkan benda / makanan pada bayi / anak yang tersedak

6. Terus berikan 5 tepukan punggung dan 5 tekanan pada dada sampai obyek keluar.
7. Jika bayi pingsan, atau jika benda / makanan tidak segera keluar maka segera hubungi ambulans atau bawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.

Semoga bermanfaat..

Tips & Cara Efektif Menolong Bayi / Anak yang Tersedak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment