Website ini berisi tentang Informasi Kesehatan seperti: Keperawatan, Kebidanan, Kedokteran, Rumah Sakit, Lowongan kerja, Penyakit, Obat, Jurnal, Askep, Makalah, SOP / Protap, Tips & cara, CPNS dan lain sebagainya.

Thursday, 16 February 2017

TINGKAT KESADARAN BERDASARKAN CARA KUALITATIF

Ada banyak cara untuk menetukan tingkat kesadaran seorang pasien. Salah satu cara yang sering dipakai untuk menentukan status atau tingkat kesadaran seorang pasien adalah dengan menggunakan cara kualitatif, yaitu penentuan tingkat kesadarann berdasarkan tingkatan kesadaran.

Kompos mentis : pasien dapat bereaksi secara adekuat. Bila diukur dengan GCS hasilnya 15.

Delirium : pasien tampak gaduh gelisah, kacau, disorientasi, berteriak serta aktivitas motorik yang meningkat. Bila diukur dengan GCS hasilnya rentang 12-14.

Somnolen : pasien dengan keadaan mengantuk, dapat pulih penh jika dirangsang. Bila diukur dengan GCS hasilnya rentang 10-11.

Stupor : penderita merasakan kantuk yang dalan dan masih dapat dibangunkan dengan rangsang kuat namun kesadarannya segera menurun lagi (respon terhadap verbal samar, respon terhadap nyeri namun tidak dapat sadar sempurna). Bila diukur dengan GCS hasilnya rentang 7-9.

Koma ringan : pasien tidak memberikan respon terhadap rangsang verbal, hanya terhadap rangsang nyeri berupa gerakan. namun pasien tidak dapat dibangunkan. Reflek pupil, kornea dsb masih baik. Bila diukur dengan GCS hasilnya rentang 4-6.

Koma dalam : pasien menunjukkan tidak ada gerakan spontan meskipun dengan rangsangan nyeri dan rangsangan verbal. Bila diukur dengan GCS hasilnya 3.

Semoga bermanfaat..

TINGKAT KESADARAN BERDASARKAN CARA KUALITATIF Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aulia Rahman

0 comments:

Post a Comment